Kamis, 29 November 2012

pakan kenari sesuai umur

1.Pakan Kenari Untuk Burung Dewasa (4 bulan keatas)
- Pakan : Bijian pada umumnya
- Vitamin : Tiap hari baik, diberi jeda juga gak masalah, asalkan sesuai dosisnya dan burung dalam kondisi sehat.
- EF : Sayur/buah/telur, lebih bagus diselang-seling tiap hari.

2.Pakan Kenari Untuk Burung Masa Birahi (menjelang akan di kawinkan)
- Pakan : Bijian pada umumnya ditambah sedikit nigerseed + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding / untuk kesuburan dan diberikan tiap hari.
- EF : Sayur/buah bergantian tiap hari, sedangkan telur harus tiap hari
Diberikan pada : Jantan & betina

3.Pakan Untuk Induk kenari Pada masa mengeram
- Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding / Multivitamin lain tiap hari
- EF : Sayur/buah bergantian tiap hari

4.Pakan Untuk Induk yang Meloloh Piyik
- Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding diberikan tiap hari.
- EF : Sayur/buah, telur harus tiap hari

5.Pakan Untuk anakan Umur 1-2 bulan
- Pakan : Bijian pada umumnya + Asinan (untuk kalsium)
- Vitamin : khusus untuk breeding / pertumbuhan, tiap hari
- EF : Sayur/buah, telur harus tiap hari

6.Pakan Kenari Untuk Burung Pada waktu sakit ...(Berat/Ringan)
- Pakan : Bijian pada umumnya + Ditambah nigerseed (mengandung asam amino, bagus untuk penyerapan makanan)
- Obat : disesuaikan dengan sakitnya
- EF : buah

Keterangan diatas tidak harus persis, semua tergantung perawatnya dan menyesuaikan karakter burungnya. Dan pengalaman tiap orang/peternak juga tidak semuanya sama.
Silahkan rekan-rekan yang lain membantu menambahkan ataupun memberikan pola rawatannya.

Senin, 26 November 2012

JENIS - JENIS KENARI


Ternak kenari part 2 bagi pemula

TIPS TERNAK KENARI BAGI PEMULA (LANJUTAN)
Setelah masa penjodohan berjalan dengan baik dimana induk jantan dan betina sudah terlihat akur kadang-kadang saling meloloh, proses selanjutnya yaitu mengkondisikan agar indukan bisa bertelor dan merawat anak dengan baik. Tidak lama setelah indukan di masukkan kedalam kandang ternak kenari betina akan bertelor, pada saat indukan kenari bertelor harus kita perhatikan beberapa hal diantaranya jika indukan kenari betina baru pertama kali bertelor harus hati-hati dalam penangannya.Jika salah dalam penangan bisa berakibat patal. Kita sebagai peternak jangan terlalu sering menengok sangkar ternak terutama pada saat induk betina sedang mendekam di sarang jangan sekali-kali memaksa melihat telor.  Pada saat indukan sedang bertelor jangan lupa menyediakan tulang sotong  atau kalsium makanan jangan sampai telat dan gizinya harus mencukupi.

Telor kenari akan menetas 14 hari setelah dierami, dua atau tiga hari menjelang telor menetas indukan harus dibiasakan diberi pakan lunak untuk anak-anak kenari.  Makanan lunak ini yaitu biskuit, telor puyuh, taoge dll. Menurut informasi dari internet peternak-peternak luar negeri pada saat indukan meloloh anak suka memberi kecambah (taoge). kecambah sangat bergizi tinggi dan mudah dicerna. Dengan diberi kecambah anak kenari cepat besar dan sehat. Kebiasaan memberikan kecambah pada anak-anak kenari dilanjutkan sampai anak kenari bisa makan sendiri.
Adapun cara membuat kecambah yaitu pakan bijian seperti canary seed, millet putih, biji sawi di masukkan ke mangkuk kemudian dicuci sampai bersih. Setelah pakan dicuci bersih kemudian buang air dari mangkuk, jika air sudah terbuang semua mangkuk yang berisi pakan yang sudah dicuci bersih ditutup dengan kain basah. Diamkan sampai 1 malam periksa pakan apakah biji kenari, millet dan buah sawi sudah menjadi kecambah atau belum, jika belum cuci bijian tersebut kemudian ditutup kembali dengan kain basah. Kecambah diberikan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemberian kecambah pada sore hari jangan terlalu banyak cukup habis dimakan 1 atau 2 jam jangan sampai ada kecambah yang tertinggal semalaman karena takutnya malah menjadi bibit penyakit. 

Selain diberi kecambah jangan lupa setiap hari diberi telor puyuh secukupnya, kalau telor cukup sehari 1 kali. Telor puyuh sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak kenari, telor puyuh diberikan sampai anak-anak kenari usia 2 bulan. Untuk usia 2 bulan keatas telor puyuh dikurangi, efek pemberian telor puyuh menjadi anak kenari gendut-genduk. Pada usia 3 bulan keatas kenari diharapkan jangan terlalu gendut karena biasanya kalau kegendutan akibatnya malas bunyi. Anak kenari akan tingal di sarang selama 21 hari, tetapi sebelum usia 21 hari anak-anak sudah bertengger di bibir sarang.
KENDALA-KENDALA DALAM BETERNAK KENARI
Beternak kenari merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa proses yang saling berkaitan, peternak diharapkan sabar dalam menjalani setiap proses yang dilalui. Dalam setiap proses ada beberapa hambatan yang cukup mengganggu, peternak harus bisa memecahkan setiap kendala. Banyak hambatan yang anda hadapi diantaranya :
Induk betina tidak mau bertelor penyebabnya bisa bermacam-macam di antaranya usia masih muda, tempat sarang kurang nyaman bagi induk kenari, ada binatang pengganggu.

Telor tidak menetas penyebabnya terdiri dari beberapa faktor yaitu indukan terlalu muda, birahi kedua indukan tidak bersamaan, indukannya steril, pada saat kawin tidak terjadi pembuahan dll. Telor menetas tetapi anaknya mati setelah menetas penyebabnya yaitu indukan kurang gizi, ada binatang pengganggu sehingga induknya tidak mau meninggalkan sarang akibatnya anaknya tergencet. Ada kebiasaan induk mencabuti bulu muda anaknya penyebabnya karena induknya sudah merasakan enaknya bulu muda dari anaknya, untuk menghilangkan kebiasaan ini cukup sulit pendapat saya lebih baik indukan diganti.

Kamis, 15 November 2012

menjodohkan kenari dgn pasangan yang tidak menetap


Penjodohan dengan pasangan tidak tetap umumnya dilakukan oleh penangkar yang hanya memiliki induk jantan terbatas, sedangkan jumlah induk betina cukup banyak. Proses penjodohanya hanya berdasarkan situasi, misalnya ketika ada induk betina yang sudah dijodohkan karena anak-anaknya sudah dapat makan sendiri. Jika induk betina tersebut sudah tampak siap kawin lagi, maka dapat segera dijodohkan dengan induk jantan lain supaya tidak terlambat untuk bertelur lagi.

Keuntungan penjodohan burung kenari dengan pasangan yang tidak tetap adalah produksi telur dan anakan kenari dapat berlangsung terus menerus sampai batas waktu tertentu. Sedangkan kelemahan penjodohan burung kenari dengan pasangan yang tidak tetap adalah kualitas anakan burung kenari kurang bagus, baik dari segi warnanya maupun suaranya. Sebab, penangkar umumnya tidak memperhatikan latar belakang penjodohan tersebut, mereka hanya berorientasi pada jumlah produksi yang dihasilkan. Disamping itu, induk jantan yang digunakan secara-terus menerus dan kurang beristirahat menyebabkan vitalitasnya cepat menurun. Burung kenari jantan yanng terlalu diforsir untuk mengawini induk kenari akan menghasilkan anakan kenari yang kualitasnya kurang bagus.

Agar kualitas pejantan selalu dalam kondisi prima, maka kualitas pakan dan kebutuhan menu pakan harus sungguh-sungguh diperhatikan. Makanan yang diberikan harus lebih baik daripada biasanya agar kebutuhan energi dan nilai kalori yang masuk kedalam tubuh kenari seimbang dengan tenaga yang dikeluarkan. Jika tenaga yang dikeluarkan lebih besar daripada kebutuhan energi, maka lama kelamaan kondisi burung tersebut akan semakin menurun dan akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Rabu, 14 November 2012

Cara Memberi Makanan Anakan Kenari (Meloloh Piyik)


Mungkin dari kenari peliharaan kita ada yang malas-malasan memberikan makan kepada piyik-piyik anakan yang baru saja menetas. Bahkan ada yang tidak mau. Nah, pengalaman kami langsung kita bantu loloh makan yang dibutuhkan oleh piyik kenari. Agar anakan kenari tetap sehat, maka berikut ini beberapa jenis bahan makanan yang diberikan atau dilolohkan pada anakan kenari.

Bahan makan untuk anakan kenari yang wajib kita siapkan adalah kuning telur, bisa ayam maupun puyuh, bubur bayi atau susu bayi, biskuit kering, dan sedikit air hangat untuk mengencerkannya.

Alat yang digunakan untuk memberikan makanan lidi, tusuk gigi, alat suntik yang ujungnya dipasang pentil, atau alat minum obat bayi.

Selasa, 13 November 2012

cara mengatasai burung agar tidak strees

Banyak orang yang sering bingung dengan bagaimana cara mengatasi kenari yang stress dan juga macet bunyi. Solusinya pun terkesan gampang namun pada prakteknya tidak semudah teorinya. Untuk mengatasi kenari agar tidak stress memang perlu perhatian ekstra, yang perlu diingat adalah stress pada burung kenari tidak hanya mengidap pada kenari jantan saja namun juga kenri betina.
Kecenderungan seekor burung untuk menjadi stress dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam Budidaya burung kenari beberapa faktor yang dapat menjadikan stress adalah:
  • Lingkungan yang terlalu bising dan ramai. Situasi ini sangat memicu kenari untuk stress. Lingkungan ramai seperti di pinggir jalan raya, di tengah area konstruksi dan pembangunan serta area dengan tingkat lalu lalang yang tinggi perlu dihindari.
  • Suhu dan cuaca yang tidak baik, misalnya saja terlalu panas atau terlalu dingin. Dalam situasi ini biasanya kenari akan mengalami macet bunyi, kurang lincah bahkan jika terlalu lama akan menimbulkan penyakit hingga kematian.
  • Suara burung lain juga turut memicu stress pada kenari. Hal ini terbukti karena beberapa pengalaman membuktikan bahwa kenari jantan mereka mengalami macet bunyi dan stress akibat didekatkan dengan burung lain yang lebih besar dan lebih "fighter".
  • Berdekatan dengan hewan lain, misalnya saja letak kandang yang kurang baik. Hal ini memungkinkan hewan lain seperti kucing, anjing, tikus, tokek dll dapat mengganggu kenyamanan si burung.
  • Kenari jantan yang terlalu birahi pada taraf tertentu akan lebih cepat mengalami stress. Biasanya burung akan sangat hiperaktif dan tidak terkendali. 
Cara mengatasi kenari stress ternyata harus dipahami secara lebih detail. Berikut ini beberapa cara mengatasi kenari stress
  1. Jauhkan dari tempat/lingkungan yang bising, terlalu panas dan terlalu dingin. Hal ini dapat berlaku juga jika kenari betina tidak mau mengerami telur dan tidak meloloh anak-anaknya.
  2. Letakkan sangkar/kandang di tempat yang jauh dari hewan pemangsa. Biasanya orang meletakkan sangkar atau kandangnya di tempat yang agak tinggi. Jauhkan juga dari beberapa burung yang berkompeten untuk membuat kenari anda menjadi stress.
    PERHATIAN: tidak semua burung mampu membuat kenari menjadi stress.
  3. Jika burung terlalu birahi sebaiknya dikawinkan.
  4. Untuk solusi kenari betina yang tidak mau mengerami telur dan meloloh anak-anaknya akan dibahas khusus di tulisan berikutnya
  5. Jika kenari terlihat stress tanpa sebab, bisa jadi itu adalah sifat bawaan. Solusinya adalah dengan teknik kerodong sangkar dan pencelupan kepala kenari ke dalam air selama 1 detik.
Kenari macet bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja akibat terkena penyakit, sedang mabung ataupun stress. Untuk cara mengatasi kenari macet bunyi akibat stress adalah sebagai berikut




  • Dengan cara suntik. Cara ini dipakai bila si pemilik burung merasa sangat frustasi dengan keadaan burungnya dan tidak ada jalan keluar lagi.
  • Penjemuran yang teratur dan pakan yang baik serta sehat. Ini penting karena beberapa kenari macet dipicu pakan yang tidak baik dan tidak sehat.
  • Teknik mandi atau penyemprotan kepada burung dapat membantu menyegarkan kondisi burung.
  • Didekatkan dengan burung gacor lainnya. Ternyata, teknik ini pun bisa berguna untuk mengatasi kenari yang macet.
  • Konsumsi multivitamin perangsang birahi. Hal ini mampu merangsang kenari agar rajin bunyi dan mendongkrak stamina. 
  • Burung bisa juga dikerodong, hal ini dilakukan agar burung merasa dalam kondisi yang tenang dan lebih nyaman.
  • Tips menyilangkan kenari dengan finch



    Persilangan antara finch dengan burung kenari sering juga disebut dengan 'kenari mule' atau yang pada dasarnya dikenal dengan sebutan kenari hybrid. Persilangan kenari dengan finch ini akan menghasilkan burung dengan nada yang lebih merdu dan irama yang lebih panjang, dan biasanya lebih aktif atau lincah dibanding burung kenari biasa. Finch hijau ( Green Finch ) dan Finch emas ( Gold Finch ) adalah jenis finch yang paling populer yang seringkali berhasil berkembang biak jika disilangkan dengan burung kenari biasa. Di Eropa dan negara negara lain di barat banyak yang menggunakan tekhnik menyilangkan kenari dengan finch seperti tertulis disini, oleh karena itu jika anda berminat mengembang-biak kan kenari hybrid ini silahkan simak tips dibawah ini.

    Berikut tips bagaimana menyilangkan kenari dengan finch
    1. Pastikan kedua burung dalam kondisi yang sehat sebelum dikembang biakan. Masukan burung dalam masing masing sangkarnya karena mereka memakan biji bijian yang berbeda jenisnya. untuk kenari bisa dikondisikan dengan memberikan makanan yang tepat sementara finch membutuhkan sayuran hijau, telur rebus dan biji kecambah ( biji yg sebelumnya dibasahi dg air).
    2. Gunakan kandang penangkaran yang bersekat ( dibagi dua dengan sekat yang bisa di buka tutup ) agar keduanya bisa saling melihat sampai siap untuk di kembang biakan, pada awalnya kenari betina akan menolak pejantan dari jenis finch.
    3. Mempersiapkan tempat untuk bersarang dan bahan bahan pembuat sarang untuk kenari betina membangun sarang ketika sudah siap. gantungkan kenari jantan yang sudah rajin bunyi di dekat kandang kenari betinanya, tetapi tidak terlihat ( ditutup sekat ) hingga betina mulai membangun sarangnya, ini adalah tanda bahwa kenari betina sudah siap untuk kawin.
    4. buka sekat yang menutupi kenari jantan agar terlihat oleh kenari betina. buka juga sekat dari kandang penangkarannya agar finch bisa bergabung dengan kenari betina dan bisa memulai ritual kawin.
    5. Karena finch adalah burung pemalu apalagi pada waktu hendak kawin, maka saya sarankan anda segera meninggalkan kandang penangkaran atau setidaknya berada jauh dan tidak terlihat ( sembunyi2 )oleh burung tersebut. agar proses perkawinan bisa berjalan dengan sukses. 
    6. Segera pindahkan finch ke sangkarnya begitu ritual kawin selesai, sekarang tinggal menunggu kenari betina  bertelur dan mengerami telurnya hingga menetas. biasanya telur akan menetas dalam waktu dua minggu dan siap meninggalkan sarangnya setelah 16 hingga 19 hari dan bisa mandiri setelah berumur 1 bulan.
    Kenari mule ( hybrid ) hasil persilangan finch dengan kenari biasa
    Setelah anakan kenari bisa dipisahkan dari induknya waktunya memaster dengan suara burung yang indah, agar nantinya calon anakan tersebut bisa berkicau dengan lebih variasi dan merdu karena itulah tujuan dari kawin silang kenari dengan finch ini.
    selamat mencoba.
    CIRI KENARI JANTAN DAN BETINA
    Meskipun menentukan jenis kelamin kenari bukan hal yang mudah dan mereka yang sudah berpengalaman pun banyak menemui kesulitan, tetapi ini ada tips yang bisa digunakan (tetapi bukan hal yang mutlak):
    * Sejak usia 3 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju “ vent ( lubang angin / dubur ) dan
    akan menuju bagian depan dari “ vee “ yang ada dibagian depan “vent ,ini nampak pada burung kenari
    jantan yang masih muda. Tapi pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Walaupun pembuluh
    ini ada di seluruh kenari jantan , akan lebih baik jika menganalisanya sebelum kenari jantan tersebut tumbuh
    bulu.
    * Pada 5- 8 hari ,ambil semua anak-anak kenari yang terdapat pada sarang yang sama (satu indukan ) taruh
    ke handuk dan sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda. Yang melompat paling jauh
    adalah kenari jantan.
    * Burung- burung tersebut jika diperhatikan mempunyai pusat kaki bawah yang panjang sementara yang
    lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang
    panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah
    untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran yang sama.
    * Lihatlah bagian tulang belakang mereka. Di sepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan
    lebih pekat. Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang.
    dengan cara itu bisa diidentifikasi.
    * Sebelum anaka-anak kenari tersebut berbulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih
    (datar).Untuk yang betina lebih bulat.
    * Sekitar usia 6 – 7 hari anak2 kenari tersebut mulai membuka mata. Jika jantan maka matanya sejajar dengan
    paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.
    * Ketika anak2 kenari diberi makan disarangnya oleh induknya .perhatikan tingkah laku anak2 tersebut. Yang
    berdiri paling tinggi , teriak paling keras dan yang paling ingin diberi makan duluan itu berarti yang jantan.
    Yang betina kakinya lebih pendek makanya mereka tidak berdiri tinggi dan karenanya mereka diberi makan
    lebih sedikit dibanding yang jantan.
    * Usia 28- 30 hari beberapa kenari2 muda terlihat mempraktekkan suara mereka untuk berkicau dengan baik.
    Bukan yang paling awal berkicau itu yang terlihat paling baik, burung 2 tersebut hanya suka berlatih berkicau
    lebih awal saja.
    * Sekitar 5 bulan atau 5 bulan lebih 2 minggu, kenari jantan bisanya warnanya lebih terang. pada bagian
    tertentu warnanya lebih tajam khususnya dibagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina
    yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.
    * Seandainya usia 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya ,kenari2 yang dicampur diantara kenari2 maka.
    Kenari betina akan duduk lebih rendah lebih dikarenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina
    akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang
    betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja..
    Web OmKicau…

    penyakit dan pencegahanya

    Secara umum kenari identik dengan burung mudah perawatan, tetapi rawan penyakit yg dikarenakan daya tahannya sebagai burung hasil ternakan.
    Berikut beberapa penyakit kenari yang merupakan penyakit umum yang biasa terjadi dan penyakit bawaan kenari kenari impor.
    Coccidiosis
    Gejala Berak darah, penurunan berat badan /kurus, paruh keluar air; kematian setelah 4 hari dari timbulnya gejala
    Penyebab Menelan makanan atau air yang tercemar oleh air liur kenari yang sakit
    Pencegahan Pembersihan dan desinfeksi kandang dan peralatan
    Penanganan Isolasi, desinfeksi dan obat terkait
    Colibacillosis
    Gejala Mengantuk, kehilangan nafsu makan, diare dan kotoran kehijauan; kemungkinan kematian 50%
    Penyebab Menelan makanan atau cairan yang terkontaminasi
    Pencegahan Cermati peralatan kebersihan dan kandang
    Penanganan Berikan satu atau dua miligram streptomisin dua atau tiga kali sehari selama 4 hari
    Radang usus atau enteritis
    Gejala Malas, mengantuk, diare, banyak minum, kurangnya nafsu makan, kurus, kematian
    Penyebab Kebiasaan makanan yang buruk, infeksi pada umumnya, parasit
    Pencegahan Perhatian terhadap makanan yang kotor, kadaluwarsa, menjamur
    Penanganan Berikan antibiotik sesuai pemeriksaan kotoran
    Muta Abnormal
    Gejala Bulu selalu rontok terutama di musim panas
    Penyebab Kesalahan makanan, kebersihan yang buruk
    Pencegahan Makanan segar dan tambah suplemen kesehatan dan bersihkan kandang
    Penanganan Berikan multivitamin dalam ‘air minum
    Parasit Exterior: tungau abu-abu atau tungau merah, kutu
    Gejala Selalu gelisah, terus-menerus mematuki bulu, rontok bulu
    Penyebab Kondisi kebersihan kandang minim dan peralatan kotor
    Pencegahan Hati-hati dan bersihan celah celah tempat kutu
    Penanganan Semprotkan pestisida secara teratur
    Pneumonia
    Gejala Kesulitan bernapas, kebocoran lendir dari hidung
    Penyebab Udara kotor, angin dan sering di tempat terbuka
    Pencegahan Penempatan kandang harus sesuai dan hindari angin langsung dan debu berlebihan
    Penanganan Jemur secukupnya, lalu berikan antibiotik dan vitamin
    Salmonellosis
    Gejala Diare dan malas, banyak tidur akhirnya mati
    Penyebab Menelan makanan atau air yang tercemar dengan kotoran seperti kotoran tikus, cicak, nyamuk, lalat, dll ..
    Pencegahan Pembersihan kandang dan kontrol makanan dan minum untuk kebersihan
    Penanganan Kebersihan, kehangatan, ketenangan dan pemberian vitamin yang memadai agar daya tahan tubuh kuat
    Cacingan: Cestodes, Ascaridi, Capillaria Ascaris, Capillaria
    Gejala Kelelahan, mengantuk, penurunan berat badan, berak putih ; kematian disebabkan obstruksi usus
    Penyebab Kandang kurang bersih
    Pencegahan Pembersihan tempat makan dan kandang
    Penanganan Berikan antibiotik yang sesuai
    Vaiolo Difteri atau difteri-cacar
    Gejala Mengacak-acak bulu, diare, mata sayu, kesulitan bernapas dengan keluar busa dari paruh; kematian
    Penyebab Kontak dengan makanan tercemar atau sakit mata disebabkan penularan kenari lain
    Pencegahan Bersihkan dan sterilkan kandang
    Penanganan Sendirikan jangan sampai menular dan beri antibiotik terkait
    Tungau Kaki
    Gejala Keriput dan bercak abu-abu pada kaki, cacat kaki, kematian
    Penyebab Minimnya pembersihan bagian bawah sangkar dan tenggeran
    Pencegahan Semprot dan desinfeksi kandang
    Penanganan Berikan minyak goreng, saleb atau sejenis untuk melenturkan kaki dan juga beri antibiotik
    Gumpalan
    Gejala Bengkak di bagian belakang dan sayap
    Penyebab Perkawinan sedarah
    Pencegahan Perhatikan alur proses penjodohan
    Penanganan Manfaatkan saja secara maksimal dan jodohkan dengan lain keturunan

    Penunjang ternak

    Sarana Penunjang dalam beternak.

    Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

    Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini
    sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

    Proses penjodohan.
    Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses  penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka 
    langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

    Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :
    Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll, Dijemur setiap pagi. Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya. Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

    mp3 master master kenari buat latihan anakan

      nich linknya mp3 master kenari
    Kenari american water slager
    http://www.mediafire.com/?visl8sz56wwrd55
    Kenari blackthort finch
    http://www.mediafire.com/?visl8sz56wwrd55
    Roll kenari
    http://www.mediafire.com/?pmoumyo02hhii6s
    Kenari yorkshire
    http://www.mediafire.com/?ze6xbn13bj6s04c

    video tips ternak kenari

    video
    cara berternak kenari step by step

    kandang breeding / ternak box untuk kenari

    bahan  dari tipeblok lengkap[ dengan sangkar lampunya cuma Rp 650.000.-  untuk 6 box / buat 6 pasang kenari minat call 083820823427 ato 02295990447 cod wilayah bandung

    Senin, 12 November 2012

    TEORI GENENITIKA KENARI MENGHASILKAN BLACK RED


    istilah 'f1" untuk burung kenari

    Para penghobi unggas khususnya Kenari tentunya tidak asing dengan istilah ; kenari  lokal, impor, F1, F2, F3 dan AF. Dalam tulisan ini kami akan berbagi pengalaman tentang Istillah “ F “ yang biasa kita dengar, mungkin topik tulisan  sudah ada yang menulisnya akan tetapi anggaplah tulisan ini merupakan pelengkap bagi yang memerukannya.  Dibeberapa  daerah  penafsiran Istilah “ F “  berbeda-beda, namun hal itu bukanlah merupakan patokan mutlak untuk menentukan kenari itu berkualitas.  Di Yogyakarta  istilah  istilah “ F ”  akan berbeda dengan di Surabaya, Malang,  Cirebon, Bandung, Jakarta  atau didaerah lain di Indonesia.

    Teori Genetika oleh ilmuan  Gregor Johann Mendel, berpendapat  “ F ” = merupakan singkatan   dari kata Filial yang berarti  Keturunan. Dalam setiap perkawinan / persilangan  menurut  Mendel  akan  mewarisi  Hereditas  sifat induknya (parental).
    Secara Hereditas (pewaris sifat dari induk kepada keturunannya) Mendel berpendapat,  sbb :
    1.         Hibrid (hasil persilangan antara dua individsu dengan tanda beda)  memiliki sifat yang mirip dengan induknya dan setiap hibrid mempunyai sifat yang sama dengan hibrid yang lain dari spesies yang sama.
    2.         Karakter atau sifat dari keturunan suatu hibrid selalu timbul kembali secara teratur dan inilah yang memberi petunjuk kepada Mendel bahwa tentu ada faktor-faktor tertentu yang mengambil peran dalam pemindahan sifat dari satu generasi ke generasi berikutnya  (gen).
    3.         Faktor keturunan, mengikuti distribusi yang logis.
    Teori ini secara langsung  dipraktek  dipenangkaran kami, tebukti benar seperti  yang didivinisikan Mendel, dalam penyilangan kami menggunakan indukan (jantan) Kenari impor Yorkshire dan Lizard,  disilangkan dengan indukan (betina) kenari Local . Penyilangan yang kami lakukan  dengan memperhatikan   aspek  ; Parental (indukan) dan Fenotipe (karakter/sifat yang dapat diamati seperti ; bentuk,  warna, suara, dll) dari bakal calon indukan, dengan hasil,  sebagai berikut   :
    1.      Kenari  Yorkshire (kuning) jantan dengan betina  local (bon hijau) disilangkan turunannya di-Istilahkan “ F.1 “,   dengan gen  Dominan Hereditas  50 %  Yorkshire  ;
    25 % =   warna dominan kuning  berpostur                       semi Yorkshire.
    25 % =   warna dominan bon hijau berpostur                    semi Yorkshire.
    50 % =   warna Campuran (hijau dan kuning) berpostur   semi Yorkshire.
    2.      Jika kenari  F.1 (bon hijau) jantan dengan betina  F.1 (kuning) disilangkan  dari turunan berbeda anakannya  di-Istilahkan “ F.2 “,   dengan gen  Dominan Hereditas  25 %  Yorkshire  ;
    25 %    =   warna dominan  kuning berpostur  sedang  strain  Yorkshire   hilang.
    25 %    =   warna dominan bon hijau berpostur  sedang  strain  Yorkshire hilang.
    25 %    =   warna campuran  berpostur  sedang  strain  Yorkshire hilang.
    25 %    =   warna campuran atau bon hijau / kuning berpostur  kecil.
    3.      Selanjutnya jika kenari  F.2 dengan  F.2 disilangkan  dari turunan berbeda anakannya di-Istilahkan   Kenari  “  F.3 ”.
    Begitu seterusnya jika  kenari    F.3 dengan  F.3 disilangkan  keturunan di-Istilah Kenari  “  F.4 ”, dan seterusnya hingga “ F “ ( ? ). Pada tahap persilangan berjenjang ini  strain Yorkshire akan hilang dan dominant menjadi kenari  berpostur kecil / local.

    Cara Sukses Menjodohkan Kenari


    Proses perkawinan Kenari Jantan dan Kenari Betina hampir kebanyakan diawali dengan perjodohan keduanya. Biasanya peternak pemula langsung mencampur kenari jantan dan betina ke dalam satu kandang. Akibatnya keduanya malah berkelahi dan tidak mau kawin. Namun bagi yang sudah berpengalaman, proses perkawinan, mereka awali terlebih dahulu dengan proses perjodohan kenari. Bagaimana agar proses perjodohan kenari ini berjalan baik dan sukses.
    Tips cara sukses perjodohan kenari, sehingga nantinya kenari berjodoh, kawin dan menghasilkan telur yang berkualitas.
    Tips Pertama, Pastikan umur kenari jantan dan betina sudah pada masa subur untuk kawin. Umur ideal kenari jantan antara 7 - 8 bulan, kenari betina 6 - 7 bulan. Apabila terlalu muda, maka kenari belum dan sulit birahi.
    Tips Kedua, Siapkan pejantan yang gacor (over birahi) yang mempunyai mental petarung, sehingga nantinya tidak takut dengan yang betina.
    Tips Ketiga, Tempatkan pada kandang yang terpisah antara jantan dan betina. jangan dicampur terlebih dahulu, kemudian dekatkan kandang keduanya pada pagi hari, dijemur sampai kurang lebih 1 - 2 jam. Proses ini tidak hanya 1 - 2 hari, tapi tergantung jenis dan mental burung.
    Tips Keempat, Apabila sudah saling birahi, ditandai dengan yang jantan berbunyi sambil menabrak-nabrak kandang, dan betina sudah mengeprak-ngeprakkan sayapnya, maka campur keduanya. Tunggu sampai keduanya terlibat kawin.