Minggu, 09 Desember 2012

merawat  Kaki, Jari dan Kuku Kenari



Dengan bertambahnya usia, kuku- kuku burungpun ikut bertambah panjang dan jari serta kaki juga bersisik. hal ini menyebabkan terkadang mengganggu performa burung, sering tersangkut ditangkringan dan jeruji sangkar, kaki dan jari-jari burung yg bersisik jg tidak elok dilihat, lalu apa yg harus dilakukan? apakah boleh kuku – kuku burung yg panjang tersebut di potong, apakah nanti tidak mencederai kaki burungnya? bagaimana mengkikis sisik pada jari dan kaki  burung tersebut ?
Berikut sy mencoba membagikan pengalaman sy sendiri untuk berkenaan dengan hal ini, kuku – kuku burung yg sudah terlalu panjang sebaiknya harus dipotong, bagaimana caranya?
1. Pegang burung yg kuku-kukunya akan dipotong senyaman mungkin, yaitu dengan menjepit kepalanya disela jari-jari kita, sedangkan kaki -kaki burung tersebut kita pegang dengan jari kita disatu tangan yg sama.
2. Lalu, cuci kaki-kaki dan jari- jari burung dengan air hangat atau alkohol dengan kapas/tissue tebal, hal ini dimaksudkan selain membersihkan kuku dan jari, ini jg bermanfaat untuk mencegah bakteri serta menghindari infeksi jika nanti seandainya pemotongan kuku meleset/terkena jalur pembuluh darah yg ada dijari kaki.
3. Gunakan gunting kecil yg tajam atau penggunting kuku.
4. Potong ujung kuku dengan memperhatikan jalur pembuluh darah dikuku burung, JANGAN MEMOTONG kuku yg msh dekat dengan jalur pembuluh darah, ini akan menyebabkan jari kaki burung akan berdarah, bisa menyebabkan jari kaki infeksi dstnya yg akan menyebabkan burung ngedroop.


5. Setelah melakukan pemotongan kuku, bersihakan lagi kuku, jari dan kaki burung dengan air hangat atau alkohol.
6. Untuk mengkikis sisik, jamur dikaki burung terutama kenari, sebaiknya berikan/oleskan minyak tawon atau salep anti jamur untuk manusia secara bertahap, 2 – 3 hari sekali lakukan hal tersebut, kenapa tidak tiap hari? hal ini mencegah burung ditangkap tiap hari yg bisa jg nantinya akan mengganggu performanya. dengan konsistensi kerak/sisik pada kaki dan jari burung (kenari) akan lepas dan kaki kenari akan terlihat mulus lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar